Sabtu, 16 Mei 2015

Langkah-langkah menyimpan dokumen pada Microsoft office word 2007

bagaimana cara menyimpan dokumen
Gambar 1 : Dokumen

            Setelah anda selesai melakukan pekerjaan anda (Pengetikkan) pada program Ms office 2007,maka langkah selanjutnya adalah menyimpan hasil pekerjaan anda ke dalam Komputer/laptop agar dokumen tersebut dapat anda buka kembali dikemudian hari.


            Untuk menyimpan dokumen dari Ms Office word 2007 ke dalam Komputer/Laptop anda saya sarankan agar anda membuat sebuah Folder baru dimana didalam folder tersebut-lah anda menyimpan dokumen-dokumen anda.

Dengan tujuan agar dokumen-dokumen anda tersimpan dengan rapi dan begitu anda ingin membuka salah satu dokumen,anda mudah untuk mencarinya.

1.5 Cara menyimpan dokumen pada MS.Office Word 2007

Untuk menyimpan sebuah dokumen/hasil pekerjaan anda pada MS.Office Word 2007 dapat dilakukan dengan dua cara,berikut ini penjelasannya :

a.       Dengan perintah Save,Perintah ini sebenarnya digunakan untuk menyimpan perubahan yang anda lakukan pada  dokumen yang anda buka (Dokumen yang telah disimpan sebelumnya,lalu anda buka kembali,untuk merubah dokumen tersebut,baik ketikkan,gambar dll kemudian perubahan tersebut anda simpan) dan bisa digunakan untuk menyimpan dokumen yang baru,Jadi jika anda membuka dokumen yang baru (Bukan membuka dokumen yang telah ada sebelumnya di Komputer anda) Maka anda dapat menggunakan perintah Save.

b.      Dengan perintah Save As,Perintah ini dapat berfungsi untuk menyimpan ulang dokumen dan hanya untuk menyimpan dokumen baru.berikut penjelasannya :


a.       Save As untuk menyimpan dokumen baru
Ketika anda membuat dokumen baru (Bukan membuka dokumen yang sudah ada sebelumnya pada computer).Maka Save As dapat anda pakai untuk menyimpan dokumen baru tersebut.

b.      Save As untuk menyimpan ulang (Duplikasi)
Digunakan ketika anda membuka dokumen yang sudah ada pada computer anda sebelumnya (Kita sebut saja dokumen 1.Yang didalamnya terdapat nama anda).Lalu anda melakukan perubahan pada dokumen 1.Misalnya anda merubah nama anda menjadi nama teman anda.Lalu anda ingin menyimpan dokumen tersebut dengan menjadi dokumen 2,namun anda tidak ingin merubah nama di dokumen 1.

Disinilah anda menggunakan Perintah Save As yang berfungsi untuk menyimpan ulang.Jadi sekarang anda mempunyai dua dokumen yaitu dokumen 1 (Dokumen anda sebelumnya) dan dokumen 2 (Dokumen baru dengan nama teman anda didalamnya).

Berikut ini langkah-langkahnya menyimpan dokumen dengan perintah Save :


Gambar 2 : Menyimpan dengan save

1.      Langkah pertama silahkan buat sebuah folder baru pada desktop Komputer  anda dengan.Klik kanan>>New>>Folder.Beri nama folder tersebut dengan,Klik kanan pada folder>>Rename.Silahkan ketik “Dokumen belajar”.(Didalam folder inilah nantinya anda akan menyimpan dokumen-dokumen hasil belajar anda).

2.  Langkah selanjutnya,Buka program MS.Office Word 2007 dengan cara ,Klik Start>>All Programs>>Microsoft Office>> Microsoft Office Word 2007.

3.   Lalu ketikkan “Saya sedang belajar,bagaimana cara menyimpan dokumen ini” pada lembar kerja. 
 
4.    Selanjutnya silahkan anda simpan hasil pekerjaan (Pengetikkan ) anda.Dengan cara Klik Office Button >>Save>>Pilih lokasi penyimpanan (Klik Desktop >>Pilih Folder “Dokumen belajar”) Lalu beri nama untuk dokumen anda pada kotak isian file name dengan “Menyimpan dengan Save” >>Lalu tekan tombol Save.Sampai disini anda berhasil melakukan penyimpanan menggunakan perintah Save.Silahkan buka Folder “Dokumen belajar” Untuk melihat hasilnya.

Berikut ini langkah-langkahnya menyimpan dokumen dengan perintah Save As:

cara menyimpan dengan perintah save as
Gambar 3 : Menyimpan dengan save as

1.      Langkah pertama silahkan buka dokumen “Menyimpan dengan Save” yang telah anda simpan pada folder “Dokumen belajar” pada langkah diatas.

2.      Langkah selanjutnya,lakukan perubahan pada kalimat “Saya sedang belajar,bagaimana cara menyimpan dokumen ini” menjadi “Ini ibu budi”.


3.      Selanjutnya silahkan anda simpan hasil pekerjaan (Pengetikkan ) anda.Dengan cara Klik Office Button >>Save As>>Pilih lokasi penyimpanan (Klik Desktop >>Pilih Folder “Dokumen belajar”) Lalu beri nama untuk dokumen anda pada kotak isian file name dengan “Menyimpan dengan Save As” >>Lalu tekan tombol Save.Sampai disini anda berhasil melakukan penyimpanan menggunakan perintah Save.Silahkan buka Folder “Dokumen belajar” Untuk melihat hasilnya.

4.      Jika berhasil maka didalam folder “Dokumen belajar” anda akan menemukan dua dokumen yang pertama bernama “Menyimpan dengan Save” dan yang kedua bernama “Menyimpan dengan Save As”.

Kesimpulannya perintah Save dan Save As pada dasarnya memiliki fungsi yang sama yaitu sama-sama digunakan untuk menyimpan dokumen namu terdapat beberapa perbedaan seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Demikian materi mengenai cara menyimpan dokumen pada MS.Office Word 2007,anda dapat membaca materi selanjutnya mengenai cara menutup dokumen pada MS.Office Word 2007.atau membaca materi sebelumnya mengenai Pengenalanperintah Undo dan Redo semoga bermanfaat dan selamat belajar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About